Cara membuat partisi ext3/ext4 di SDcard untuk Link2SD Android (windows dan linux)

Bagi anda pengguna android pasti tidak sedikit yang mengeluh kurangnya internal memori atau kurangnya dukungan android untuk instalasi aplikasi total di dalam sdcard. Dari berbagai macam solusi untuk melegakan internal retention salah satunya dengan aplikasi Link2SD, fitur untuk me “link” kan seluruh aplikasi dan information ke SD menu di Link2SD sayangnya harus membuat partisi terlebih dahulu. Yaitu ext3 atau ext4. Agar fitur “link” bekerja.
Apa bedanya ext3 dan ext4, ext4 lebih cepat dibanding dengan ext3, tetapi sayangnya harus menggunakan custom total yang support. Jadi untuk umum buat saja ext3 di sdcard dan harus primary. Ok langsung saja. Disini saya akan memberikan tutorial untuk di windows dan juga untuk dilinux. Di windows menggunakan aplikasi EASEUS PARTITION Master, yang bisa anda unduh disini:
www.partition-tool.com

Dan untuk Linux anda bisa menggunakan software gparted. Umumnya aplikasi gparted tersedia di distro-distro pop seperti ubuntu, debian, mageia, opensuse, fedora, ign, blankon, dsbgnya.

Oke langsung saja. WARNING : Backup dulu data-data di SDCARD anda. Dan pastikan aplikasi terinstall di SD via cara normal – pindahkan aplikasi ke ponsel terlebih dahulu. Semua information di SD beresiko hilang.

1. Cara membuat partisi ext3/4 di Windows
Jalankan aplikasi EASEUS Partition Master
Seperti ini lah tampilannya

Nah cari partisi yang merupakan SD Card android anda, dalam contoh ini partisi SDCard berada di Disk2 / E:/ Phone Card. Klik kanan pada partisi tersebut, lalu pilih “Resize/Move Partition”, maka akan muncul seperti ini.

Lihat di  kotak “Decide size as well as position” disebelah kiri dan kanan ada buletan biru kecil, klik yang sebelah kanan, lalu geser ke kiri, dan atur unallocated infinite afternya maksimum 1gb, jika kualitas sdcard anda tinggi silahkan dicoba diatas 1gb. Hasilnya akan seperti dibawah ini.

Jika sudah klik OK, nanti akan muncul unallocated, klik kanan pada unallocated, lalu pilih practise partition.

 

Akan ada popup, klik yep saja untuk melanjutkan lalu ready menjadi seperti ini, sayangnya di software easeus yang saya pakai tidak back upward ext4, dan hanya ada ext3.

Set practise As = Primary, dan File System = Ext3, lalu klik OK. Jika sudah Apply.

Tombol apply ada disebelah kiri atas (tanda centang). Nah selesai partisi ext3 sudah dibuat dan bisa langsung dikonfigurasikan di Android menggunakan Link2SD, akan dibahas setelah cara membuat partisi ext3/4 di linux dulu. 🙂

Note: Partisi baru ini “TIDAK” akan terdeteksi di sistem operasi windows. dan juga di file explorer android. Tetapi akan terbaca oleh aplikasi link2sd, sedangkan untuk membaca partisi ext3/4 di windows anda butuh aplikasi berikut ini:
http://sourceforge.net/projects/ext2read/‎

Sedangkan untuk sistem operasi linux udah otomatis nongol. 😀

2. Cara membuat partisi ext3/4 di Linux menggunakan Gparted
Jalankan gparted. Lalu pilih partisi, biasanya /dev/sdb, unmount dulu di file managing director (dolphin, pcmanfm, thunar, dll)

Klik kanan, lalu resize/move. Hampir sama dengan easeus, geser kekiri untuk membuat infinite khusus ext3/4. Maksimum 1gb saja, jika sdcard anda kualitas tinggi silahkan dicoba untuk memperbesar ukuran size partisi yang anda inginkan.

Klik resize/move jika sudah. Nanti akan muncul unallocated.

Klik kanan pada unallocated, lalu klik new, nanti akan muncul seperti dibawah ini, lalu ready practise every bit = Primary Partition, dan File System = ext3/ext4.

Jika sudah klik add, jika sudah selesai, apply. (tanda centang)

Jika ada notifikasi seperti berikut ini, klik apply.

Jika muncul seperti ini, klik no.

Nah jika resultsnya seperti ini berarti sukses.

Selesai membuat partisi ext3/4, nanti partisi akan otomatis terdeteksi di file manager.

Keuntungan di linux, information di partisi ext3/4 bisa dibackup dengan mudah.

Ok pembuatan partisi ext3/4 selesai selanjutnya adalah setting link2sd di HH.

3. Setting Link2SD

Install aplikasi Link2SD. dan jalankan, secara otomatis aplikasi ini akan mendeteksi adanya partisi baru di sdcard. (jika anda melakukan partisi menggunakan usb, reboot dulu HH nya)

Pilih ext3 atau ext4, (sesuai yang telah dibuat sebelumnya).
Nanti HH akan reboot.

Nah jalankan aplikasi Link2SD kembali, kemudian pilih aplikasi yang mau di Link2SD kan. Misal kakao talk.

Lalu pilih membuat Link:

Lalu klik OK:

Selesai aplikasi pindah ke partisi ext3/4 yang telah dibuat tadi, jika anda cabut sdcard, maka aplikasi tidak akan ada bekasnya sama sekali di ponsel anda, tandanya aplikasi dan information benar2 sudah terlink di sdcard. :), condition di Link2SD jika sudah terlink adalah seperti berikut:

Ok selesai bro/sis. Semoga berguna. 😀

Android Bootloop © 2017 Frontier Theme